e-Commerce merupakan suatu set dinamis teknologi, aplikasi dan
proses bisnis yang menghubungkan perusahaan, konsumen dan komunitas melalui
transaksi elektronik dan perdagangan barang, pelayanan dan informasi yang dilakukan
secara elektronik.
Klasifikasi e-Commerce
- Business to Business (B2B)
e-Commerce tipe ini meliputi transaksi antar organisasi yang dilakukan di Electronic market.
- Business to Costumer (B2C)
Merupakan transaksi eceran dengan pembeli perorangan.
- Customer to Customer (C2C)
Konsumen menjual secara langsung ke konsumen lain. Atau mengiklankan jasa pribadi di Internet.
- Customer to Business (C2B)
Perseorangan yang menjual produk atau layanan ke organisasi, perseorangan yang mencari penjual, berinteraksi dan menyepakati suatu transaksi.
- Nonbusiness e-Commerce
Lembaga non bisnis seperti akademis, organisasi, orgasnisasi keagamaan, organisasi social dan lembaga pemerintahan yang menggunakan berbagai tipe e-Commerce untuk mengurangi biaya guna meningkatkan operasi dan layanan publik.
- Intrabusiness (organiszational) e-Commerce
Termasuk kategori ini adalah semua aktivitas intern organisasi, biasanya dijalankan di internet yang melibatkan pertukaran barang, jasa/informasi.
Keunggulan e-Commerce :
- Meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam proses pemasaran
- Meningkatkan daya saing perusahaan
- Menggantikan konsep manual
- Pertukaran data atau informasi jadi lebih mudah
- Memudahkan bagi calon pembeli untuk melakukan pembelian produk khususnya produk yang sulit dicari atau jauh dari tempat tinggalnya
Kelemahan e-Commerce
- Kehilangan segi finansial secara langsung karena kecurangan.
- Pencurian informasi rahasia yang berharga.
- Kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan layanan.
- Penggunaan akses ke sumber oleh pihak yang tidak berhak.
- Kehilangan kepercayaan dari para konsumen.
- Kerugian-kerugian yang tidak terduga.
- Produk yang dijual tidak semuanya ditampilkan
- Penjelasan produk kurang jelas
- Harga terkadang tidak sesuai
- Produk kurang dikenal oleh masyarakat
- Kurang aman dalam melakukan transaksi
- Tampilan produk kurang jelas sering dijadikan untuk melakukan tindak kejahatan, khususnya penipuan.