Selasa, 25 Oktober 2022

E-commerce kelebihan dan kekurangannya

 e-Commerce merupakan suatu set dinamis teknologi, aplikasi dan

proses bisnis yang menghubungkan perusahaan, konsumen dan komunitas melalui

transaksi elektronik dan perdagangan barang, pelayanan dan informasi yang dilakukan

secara elektronik.

 

Klasifikasi e-Commerce

  1. Business to Business (B2B)

e-Commerce tipe ini meliputi transaksi antar organisasi yang dilakukan di Electronic market.

  1. Business to Costumer (B2C)

Merupakan transaksi eceran dengan pembeli perorangan.

  1. Customer to Customer (C2C)

Konsumen menjual secara langsung ke konsumen lain. Atau mengiklankan jasa pribadi di Internet.

  1. Customer to Business (C2B)

Perseorangan yang menjual produk atau layanan ke organisasi, perseorangan yang mencari penjual, berinteraksi dan menyepakati suatu transaksi.

  1. Nonbusiness e-Commerce

Lembaga non bisnis seperti akademis, organisasi, orgasnisasi keagamaan, organisasi social dan lembaga pemerintahan yang menggunakan berbagai tipe e-Commerce untuk mengurangi biaya guna meningkatkan operasi dan layanan publik.

  1. Intrabusiness (organiszational) e-Commerce

Termasuk kategori ini adalah semua aktivitas intern organisasi, biasanya dijalankan di internet yang melibatkan pertukaran barang, jasa/informasi.

 

Keunggulan e-Commerce :

  • Meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam proses pemasaran
  • Meningkatkan daya saing perusahaan
  • Menggantikan konsep manual
  • Pertukaran data atau informasi jadi lebih mudah
  • Memudahkan bagi calon pembeli untuk melakukan pembelian produk khususnya produk yang sulit dicari atau jauh dari tempat tinggalnya

 

Kelemahan e-Commerce

  • Kehilangan segi finansial secara langsung karena kecurangan.
  • Pencurian informasi rahasia yang berharga.
  • Kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan layanan.
  • Penggunaan akses ke sumber oleh pihak yang tidak berhak.
  • Kehilangan kepercayaan dari para konsumen.
  • Kerugian-kerugian yang tidak terduga.
  • Produk yang dijual tidak semuanya ditampilkan
  • Penjelasan produk kurang jelas
  • Harga terkadang tidak sesuai
  • Produk kurang dikenal oleh masyarakat
  • Kurang aman dalam melakukan transaksi
  • Tampilan produk kurang jelas sering dijadikan untuk melakukan tindak kejahatan, khususnya penipuan.